Januari 13, 2011

Masakan Bervetsin

Vetsin atau yang biasa disebut Monosodium Glutamat (MSG) adalah salah satu bumbu wajib yang dipakai oleh ibu kita untuk memasak. Tidak dipungkiri masakan dengan menggunakan MSG ini lebih menggiurkan dari pada yang tidak terdapat MSG-nya. Dari harumnya saja sudah bisa membuat air liur kita menetes, bagaimana jika dimakan.. pasti ketagihan.


Namun bagi beberapa orang yang pinternya tanggung alias hanya dengar sepintas, selalu mencoba menghindari makanan yang mengandung MSG. Mereka bilang “MSG itu bisa membuat kita bodoh”, ada juga yang bilang “MSG itu bisa merusak jaringan otak” atau mereka bilang “MSG itu bisa membuat kita terkena kanker”. Mungkin jika mereka menggunakan kepandaiannya dengan tidak tanggung-tanggung, mereka akan segera berlari mengarungi internet untuk mencari kebenaran tersebut.

Menurut situs terpercaya yang pernah saya baca “MSG disimpulkan menyebabkan kanker dari hasil penelitian-penelitian pada tikus. Padahal pada penelitian-penelitian tersebut daging dan MSG yang diberikan pada tikus dibakar pada temperatur sangat tinggi hingga 600 derajat celcius. Makanan yang dimasak pada temperatur ekstrim tinggi ini dengan mudah berubah menjadi arang. Kita umumnya tidak suka makan arang. Pada salah satu penelitian tersebut, tikus-tikus menderita kanker pada usia mereka yang lanjut. Padahal pada manusia, prevalensi kanker jauh lebih tinggi pada usia lanjut dari pada usia muda, sehingga usia tua adalah sangat nyata hubungannya dengan kanker bukan MSG.”

Katanya lagi “Melalui uji klinis telah dibuktikan, bahwa makanan yang enak karena glutamat, baik dari makanan itu sendiri maupun dari MSG, merangsang produksi cairan pencernaan sehingga daya cerna makanan menjadi lebih baik. Selain itu, glutamat didalam usus halus berfungsi sebagai sumber tenaga bagi absorpsi unsur-unsur nutrisi kedalam darah”.

Namun demikian sesuatu yang dipergunakan berlebihan tentulah tidak baik. Demikian juga MSG. Situs tersebut menyatakan bahwa MSG yang aman dikonsumsi yaitu antara 0.2-0.8% dari volume makanan. Jadi buat siapapun yang menginginkan makan enak tanpa pusing karena kebanyakan vetsin, jangan lupa prosentasenya!!.

Tapi jika telah mengikuti aturan tersebut dengan memprosentasekan MSG terhadap makanan, kemudian kalian makan makanan diluar tanpa mengetahui takaran MSGnya ditambah mengemil dengan snack yang mengandung vetsin, eemmm.. itu sih saya tidak tanggung jawab ya.. Karena itu mungkin yang dinamakan “berlebihan”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar