Januari 12, 2011

Mencuci Tangan

Apakah anda tahu ada hari yang dikhususkan untuk memperingati "mencuci tangan"?

Ya, ada. Tepat hari ini tanggal 15 Oktober, diperingati sebagai hari mencuci tangan sedunia.

Jujur saja saya pun baru mengetahui adanya peringatan hari mencuci tangan tersebut hari ini. Tepatnya saat istri saya memberitahukannya. Karena kurang yakin, saya pun mencoba mencari informasi dari televisi. Dan anda tahu? Ternyata benar adanya.


Sejenak dalam pikiran saya bertanya sambil tersenyum sinis, saya tertawa dalam hati sambil mengucapkan pertanyaan, “apakah peringatan seperti ini juga perlu diadakan?”

Namun, setelah saya pikirkan lebih jauh, ternyata benar.. Hari peringatan mencuci tangan sedunia ini memang sangat perlu. Saya sendiri mungkin tidak akan mengingat arti pentingnya mencuci tangan sebelum makan ataupun setelah beraktivitas, kalau tidak diingatkan oleh hal-hal seperti ini.

Kebiasaan mencuci tangan setelah beraktivitas dan sebelum makan ataupun melakukan kegiatan lain yang membutuhkan tangan dalam keadaan steril dan bersih mungkin sudah kita dapatkan sejak kecil. Saya yakin saudara dan saya sudah pernah mendapatkan pelajaran tentang kebiasaan ini sejak dari keluarga maupun saat kita masih berada di bangku play group, taman kanak-kanak (TK), maupun sekolah dasar (SD). Sejak dini kita sudah memperoleh pemahaman tentang arti pentingnya mencuci tangan.

Namun demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa dikarenakan kesibukan dan aktivitas sehari-hari kita, kebiasaan yang penting ini jadi terbengkalai. Kita jadi acuh tak acuh akan pentingnya mencuci tangan sebelum makan, ataupun sesaat setelah melakukan pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Bahkan yang lebih parah lagi, beberapa diantara kita mungkin jadi sama sekali lupa akan hal tersebut. Kita jadi benar-benar tidak memahami lagi akan arti pentingnya mencuci tangan.

Seperti kita sadari bersama, hal yang paling tidak kita inginkan di dunia ini adalah menderita sakit. Dan kita pun memahami bahwa penyakit itu dapat berasal darimana saja. Sumber penyakit yang paling utama adalah kuman, dan kuman itu ada di sekeliling kita. Perkembangan dan penyeberan kuman ini sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Apabila lingkungan kotor, maka dapat dipastikan pertumbuhan dan penyebaran kuman di lingkungan tersebut pun semakin banyak. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya sakit, biasakanlah untuk hidup bersih.

Hidup bersih di lingkungan yang bersih dapat kita mulai dari diri kita pribadi. Salah satunya dengan mencuci tangan kita setelah melakukan aktivitas, maupun saat akan makan. Jika kita cermati bersama, aktivitas kita sehari-hari mengharuskan kita untuk melakukan kontak fisik baik terhadap orang maupun lingkungan yang ada di sekitar kita. Saat menjabat tangan sahabat atau rekan kerja, saat menyentuh pintu, menyentuh pegangan tangga ataupun lain sebagainya adalah beberapa contoh kecil dari interaksi kita dengan lingkungan. Interaksi ini tidak jarang merupakan proses penyebaran dari kuman itu sendiri. Karena itu jika kita tidak membiasakan diri untuk membersihkan diri pribadi,dalam hal ini tangan, setelah beraktivitas, maka kemungkinan besar penyakit akan sangat mudah menyerang kita.

Biasakanlah untuk mencuci tangan, gunakanlah sabun anti kuman dan cucilah tangan dalam kondisi air yang mengalir. Hal ini memang tidak sertamerta menjamin kita sebagai seorang yang super sehat dan kebal terhadap penyakit, namun kita dapat mencegah dan mengurangi resiko terserang penyakit melalui media tangan. Jika anda masih belum memiliki kebiasaan untuk membersihkan tangan sesaat setelah beraktivitas maupun sebelum makan, maka mulailah itu dari sekarang. Biasakanlah ini sejak saat ini, dan ajakalah orang-orang yang anda cintai untuk turut melakukan kebiasaan yang baik ini.

Badan kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) telah berupaya untuk memberi peringatan kepada kita semua tentang arti pentingnya mencuci tangan melalui pencanangan hari Mencuci Tangan Sedunia. Selanjutnya tinggal tugas saudara dan saya untuk memastikan pesan ini agar dapat sampai kepada seluruh masyarakat luas. Usahakan dan berikanlah pengertian dan pemahaman tentang arti pentingnya mencuci tangan dengan cara dan metoda anda masing-masing. Bukan untuk siapa-siapa, ini semua semata-mata untuk kebaikan kita sendiri, dan kebaikan mereka yang kita cintai.

Cintailah dirimu dengan menjaganya tetap bersih.

Daripada mengobati, Lebih baik mencegah
Selamat memperingati, ”Hari Mencuci Tangan Sedunia”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar